PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI KERJA GURU DI SMA N 2 BANDAR LAMPUNG

Wahyudi, Agung (2010) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI KERJA GURU DI SMA N 2 BANDAR LAMPUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
agung_wahyudi.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap Prestasi Kerja Guru di SMA N 2 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 80 guru yang dijadikan subjek penelitian dan ini merupakan penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan menyebar angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru dan Prestasi Kerja Guru kemudian instrumen tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis regresi yaitu dengan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas secara sendiri-sendiri dengan variabel terikat. Analisis regresi ganda digunakan untuk mengetahui pengaruh kedua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Prestasi Kerja Guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,631 . Nilai thitung sebesar 7,184 lebih besar dari ttabel 1,991 (7,184>1,991). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Kerja Guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,524. Nilai thitung sebesar 5,432 lebih besar dari ttabel 1,911 (5,432>1,911). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Kerja Guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebasar 0,726 dan determinasi (R2) sebesar 0,527 nilai Fhitung sebesar 42,942 lebih besar dari Ftabel 3,115 (42,942 >3,115). Ini berarti 52,7% Prestasi Kerja Guru dijelaskan oleh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. 47,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2012 08:24
Last Modified: 29 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item