PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PEMBUATAN CELANA ANAK MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PANDAK

Primasari, Ratih Novia (2018) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PEMBUATAN CELANA ANAK MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RATIH NOVIA P.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) menerapkan Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran pembuatan celana anak, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pembuatan celana anak melalui Metode Student Team Achievement Divisions. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain model Kemmis dan Taggart dengan tiga tahapan yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan dan Pengamatan, (3) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Pandak dengan subjek penelitian adalah 21 siswa pada kelas X Busana Butik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang divalidasikan menggunakan validitas konstruk berdasarkan kepada perhitungan statistik dengan progaram spss dan uji reliabilitas dengan antar rater dengan hasil 0,755 kategori cukup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) proses pembelajaran pembuatan celana anak dengan menerapkan langkah-langkah a. Penyajian kelas, b. Membentuk kelompok, c. Tes dan kuis, d. Skor peningkatan individual, e. Pengakuan kelompok (2) peningkatan motivasi belajar siswa dengan Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada pra siklus 5 siswa (23,8%) sangat tinggi, 2 siswa (9,52%) tinggi, 7 siswa (33,3%) rendah, 7 siswa (33,3%) sangat rendah. Pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (61,9%) sangat tinggi, 3 siswa (14,2%) tinggi, 4 siswa (19,0%) rendah, 1 siswa (4,76%) sangat rendah. Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (85,7%) sangat tinggi, 2 siswa (9,52%) tinggi, 1 siswa (4,76%) rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan rata-rata penilaian hasil penelitian tiap siklus. Dari hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 11,90% yang semula pada pra siklus nilai rata-rata yang dicapai adalah 37,5 meningkat menjadi 43,19 pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,42% terbukti dari nilai rata-rata yang dicapai siklus I 43,19 dan meningkat menjadi 53,1 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) motivasi belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, celana anak, Student Team Achievement divisions(STAD)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61273

Actions (login required)

View Item View Item