MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN POWER WINDOW SEBAGAI PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Nugroho, Andri (2017) MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN POWER WINDOW SEBAGAI PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pembuatan media adalah sebagai suatu alat pembelajaran pada sistem kelistrikan power window, agar lebih mengenal dan memahami dari sistem kelistrikan power window. Serta untuk menselaraskan tingkat pelajaran teori yang telah dipelajari dengan pelajaran praktik tentang mengidentifikasi komponen dan cara kerja sistem Power Window. Proses pembuatan media pembelajaran sistem kelistrikan power window meliputi : desain rangka, desain media, serta alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan media. Kemudian melakukan proses pembuatan rangka media yang meliputi : pemotongan plat besi hollow segi empat, pengelasan sehingga membentuk rangka sebagai dudukan acrylic, pengeboran rangka untuk tempat dudukan acrylic, penggerindaan dan pembersihan permukaan rangka, dan terakhir dilakukan proses pengecatan rangka. Kemudian melakukan proses pembuatan media berupa komponen-komponen power window yang disusun pada acrylic, meliputi : pemotongan acrylic sesuai ukuran rangka, pengeboran acrylic untuk dibaut pada rangka, untuk dudukan komponen dan untuk dudukan banana jack, pembuatan desain stiker, penempelan stiker, perakitan komponen pada acrylic dan penyolderan rangkaian kelistrikan sesuai dengan rangkaian sistem kelistrikan power window. Hasil dari pengujian fungsional media yaitu sistem kelistrikan power window dapat bekerja dengan baik dan komponen-komponen media masih dapat berkerja dengan baik sesuai dengan fungsinya. Hasil dari pengujian didapat rata-rata arus yang keluar dari motor power window yaitu 7,3A untuk power window naik dan turun sebalah kanan dan 7,25A untuk arus naik dan turun motor power window sebelah kiri atau penumpang. Rata-rata pengujian Tegangan pada motor power window 10V saat naik sebelah kanan dan turun 11V dan 11V pada saat naik sebelah kiri dan 10V saat turun. Validasi media pembelajaran berupa data dan kemudian diolah pada rumus persamaan sehingga diperoleh hasil pernyataan bahwa media pembelajaran sistem kelistrikan power window dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61270

Actions (login required)

View Item View Item