PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI STATUS BEKERJA IBU DI TK SE-KELURAHAN SENDANGMULYO MINGGIR SLEMAN

Rizaq Dhani, Istiqomah (2018) PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI STATUS BEKERJA IBU DI TK SE-KELURAHAN SENDANGMULYO MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Rizaq Dhani Istiqomah_11111244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian anak usia 5-6 tahun ditinjau dari status bekerja ibu di TK se-Kelurahan Sendangmulyo Minggir. Alasan mengambil penelitian ini karena sejumlah anak di TK se-Kelurahan Sendangmulyo Minggir Sleman belum menunjukkan kemandirian. Selain itu perbedaan intensitas dan pemberian kasih sayang antara ibu bekerja dan ibu tidak bekerja memberikan dampak pada aspek kemandirian anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif. Variabel pada penelitian ini adalah kemandirian anak dan status bekerja ibu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria: 1) Usia 5-6 tahun; 2) Tinggal bersama ibu; dan 3) Mempunyai ibu dengan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga atau ibu bekerja yang menghabiskan waktu tujuh jam/hari dalam enam hari atau delapan jam/hari dalam lima hari untuk bekerja. Sampel penelitian ini adalah 50 anak Kelompok B, yang terdiri dari 25 ibu bekerja dan 25 ibu tidak bekerja. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan skala kemandirian anak, sedangkan analisis data menggunakan metode Independent Sample t-Test. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik, didapatkan nilai mean sebesar 2,64 untuk ibu yang bekerja dan 2,16 untuk ibu yang tidak bekerja. Perhitungan Independent Sample t-test diperoleh thitung>ttabel (3,893 > 1,657) dan (0,000 < 0,05), maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kemandirian anak usia dini ditinjau dari status bekerja ibu di TK se-Kelurahan Sendangmulyo Minggir Sleman. Kata kunci: kemandirian, ibu bekerja, ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61263

Actions (login required)

View Item View Item