PROTOTIPE ALAT PENGENDALI SUHU UNTUK MENGURANGI KELEMBABAN PADA BAGIAN DALAM SEPATU BERBASIS ARDUINO NANO

Marindro, Ananto Aga (2017) PROTOTIPE ALAT PENGENDALI SUHU UNTUK MENGURANGI KELEMBABAN PADA BAGIAN DALAM SEPATU BERBASIS ARDUINO NANO. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Laporan PA D3 (Prototipe Alat Pengendali Suhu untuk Mengurangi Kelembaban pada Bagian Dalam Sepatu Berbasis Arduino Nano).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk merealisasikan perangkat lunak dan perangkat keras serta unjuk kerja dari prototipe alat pengendali suhu untuk mengurangi kelembaban pada bagian dalam sepatu berbasis arduino nano. Alat ini dikendalikan oleh sebauh mikrokontroller arduino nano yang terdapat pada masing-masing sepatu yang akan mengolah data suhu dan kelembaban yang berasal dari pembacaan sensor DHT11 di dalam sepatu. Proses pembuatan proyek akhir ini melalui beberapa tahapan, yaitu : (1) Identifikasi kebutuhan, (2) Analisa kebutuhan, (3) Perancangan alat, (4) Pembuatan alat, (5) Pengujian. Komponen-komponen yang akan digunakan sesuai kebutuhan sistem. Alat ini menggunakan sepatu jenis kanvas dengan sol yang tebal yang digunakan sebagai tempat peletakkan komponen-komponen. Baterai Li-Ion digunakan untuk memberikan pasokan daya ke rangkaian. Led digunakan sebagai indikator tegangan baterai dan sebagai indikator suhu dan kelembaban. Aktuator fan DC digunakan sebagai pengatur suhu dan kelmbaban pada bagian dalam sepatu. Hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh bahwa unjuk kerja dari prototipe alat pengendali suhu untuk mengurangi kelembaban pada bagian dalam sepatu berbasis arduino nano secara keseluruhan pengujian berhasil dengan baik. unjuk kerja dari alat ini secara keseluruhan sesuai dengan fungsi yang telah ditetapkan, yaitu program membaca suhu dan kelembaban didalam sepatu kemudian diolah di arduino dan kelurannya berupa gerakan fan DC untuk mengatur suhu dan kelembaban. Berdasarkan hasil pengujian fan DC, fan DC aktif jika suhu > 26oC atau kelembaban > 80%, dan fan akan mati ketika suhu ≤ 26oC atau kelembaban ≤ 80%. Untuk hasil pengujian sensor DHT11 pada alat ini ternyata memiliki error dalam pembacaan suhu dan kelembaban. Untuk pembacaan suhu memiliki error sebesar 0,85% untuk sepatu kanan dan 1,02% untuk sepatu kiri. Sedangkan untuk kelembaban memiliki error pembacaan sebesar 2,39% untuk sepatu bagian kanan dan 2,93% untuk sepatu kiri.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Pengendali Suhu, Arduino Nano
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61261

Actions (login required)

View Item View Item