TRAINER SENSOR DAN AKTUATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR UNTUK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK

Hidayat, Edwin (2018) TRAINER SENSOR DAN AKTUATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR UNTUK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Edwin Hidayat_13502241017.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pengembangan, menguji unjuk kerja, dan menguji tingkat kelayakan Trainer Sensor dan Aktuator sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator untuk siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 3 Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tahapan: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; dan (9) Revisi Produk. Pengumpulan data meliputi pengujian, pengamatan, dan kuisioner (angket). Obyek penelitian ini adalah media pembelajaran Trainer Sensor dan Aktuator pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator untuk kelas XI Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di SMK Negeri 3 Wonosari. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta 64 siswa kelas XI (sebelas) Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 3 Wonosari sebagai subyek uji coba pemakaian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa sebuah Trainer Sensor dan Aktuator sebagai media pembelajaran dengan 4 rangkaian percobaan meliputi (1) Sensor Suhu LM35, (2) Sensor Ultrasonik HCSR-04, (3) Sensor Cahaya LDR (Light Depending Resistor), (4) Sensor Warna TCS230 yang dilengkapi dengan modul pembelajaran. Hasil pengujian unjuk kerja Trainer Sensor dan Aktuator, diketahui sensor dapat bekerja dengan baik yaitu mampu mendeteksi perubahan objek masing-masing sensor. Hasil validasi isi materi pengembangan media pembelajaran Trainer Sensor dan Aktuator oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 88,15% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi konstruk yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 84,72% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil uji coba pemakaian oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 78,16% dengan kategori sangat layak. Sehingga Trainer Sensor dan Aktuator dapat dikategorikan “Sangat Layak” sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator untuk siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 3 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Trainer Sensor dan Aktuator, Sensor dan Aktuator, Teknik Elektronika Industri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:15
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61240

Actions (login required)

View Item View Item