PERAN YAYASAN PIRI (PERGURUAN ISLAM REPUBLIK INDONESIA) DALAM PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA PROGRAM KEAHLIAN TITL DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Widad,, Walidatul (2017) PERAN YAYASAN PIRI (PERGURUAN ISLAM REPUBLIK INDONESIA) DALAM PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA PROGRAM KEAHLIAN TITL DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13501244003_WALIDATUL WIDAD_SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran Yayasan PIRI (Perguruan Islam Republik Indonesia) dalam pemenuhan pendidik dan tenaga kependidikan, pelaksana manajemen sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan pada Program Keahlian TITL di SMK PIRI 1 Yogyakarta; (2) Peran Yayasan PIRI (Perguruan Islam Republik Indonesia) dalam mengupayakan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana yang memenuhi syarat, pengelolaan yang optimal, dan pembiayaan yang rasional pada Program Keahlian TITL di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisi data dilakukan dengan (1) Reduksi data, (2) Unitasi dan kategorisasi data (3) Penyajian data (4) Penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Penelitian ini dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta dengan subyek penelitian ini yaitu pengurus yayasan, pendidik dan tenaga kependidikan sekolah yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Staf Tata Usaha, Kepala Bengkel TITL, Kepala Perpustakaan, dan Tenaga Perpustakaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Yayasan PIRI memiliki kewenangan dalam memilih dan menentukan pejabat kepala sekolah, menentukan wakil kepala sekolah, ketua program keahlian, dan kepala tata usaha atas usulan sekolah. Yayasan PIRI juga memberikan kebijakan kepala sekolah untuk menentukan posisi tenaga kependidikan lainnya dan melakukan penyeleksian calon pendidik dan tenaga kependidikan; (2) Yayasan PIRI memberikan pelatihan dalam mengupayakan pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten. Yayasan PIRI dalam pemenuhan sarana dan prasarana ikut mencarikan dana khibah dan membantu dari DPP (Dana Pembangunan Pendidikan). Peran Yayasan PIRI dalam pengelolaan yaitu melakukan pengawasan dan ikut serta melalui komite sekolah dalam pembentukan visi, misi, tujuan, dan rencana kegiatan. Peran Yayasan PIRI dalam pembiayaan yaitu ikut menentukan jumlah tarikan uang peserta, mengalokasikan DOP (Dana Operasional Pendidikan) dan DPP (Dana Pengembangan Pendidikan) serta ikut serta dalam penentuan RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: yayasan, Standar Nasional Pendidikan (SNP), pendidikan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61231

Actions (login required)

View Item View Item