IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DAN LINGKARAN DI TAMAN KANAK-KANAK MASJID SYUHADA KOTA BARU KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Hening, Astuti (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DAN LINGKARAN DI TAMAN KANAK-KANAK MASJID SYUHADA KOTA BARU KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Hening Astuti_14111244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran sentra dan lingkaran di Taman Kanak-kanak Masjid Syuhada. Implementasi model pembelajaran yang dimaksud mengenai perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi model pembelajaran sentra, faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Masjid Syuhada dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, 3 guru, dan 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran dilakukan mulai dari pembuatan program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), pendidik menata alat dan bahan main yang akan digunakan, 2) pelaksanaan pembelajaran meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan pengalaman sebelum main, pijakan pengalaman saat main dan pijakan pengalaman setelah main. 3) evaluasi pembelajaran menggunakan teknik observasi, portofolio, anekdot, hasil karya dan pemberian tugas yang dirangkum dalam laporan perkembangan anak dan di laporkan setiap akhir semester. 4) Faktor pendukung meliputi: a) Guru yang selalu ingin belajar dan ingin berkembang, b) Kemampuan guru yang memadai dalam penguasaan materi, teknik-teknik pembelajaran, c) Kerjasama dan hubungan interaksi yang terjalin baik antar guru-guru dan warga sekolah yang didalamnya memuat orang tua wali murid, siswa, kepala sekolah, pengelola, yayasan dan komite sekolah, d) Lingkungan belajar yang mendukung kegiatan main anak. 5) Faktor penghambat meliputi: a) Guru yang tidak ingin tahu dan tidak ingin belajar tentunya tidak berkembang b) Kemampuan antara guru yang berbeda c) Komunikasi yang gagal. Kata Kunci: model pembelajaran sentra dan lingkaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Nov 2018 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61230

Actions (login required)

View Item View Item