DINAMIKA PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR TERPENCIL KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012

Hikmah, Nurul (2012) DINAMIKA PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR TERPENCIL KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurul Hikmah.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) pelaksanaan model pembelajaran tematik di SD Negeri 01 Sirau, 2) kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan model pembelajaran tematik di SD Negeri 01 Sirau 3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan model pembelajaran tematik di SD Negeri 01 Sirau. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas rendah di SD Negeri 01 Sirau yang berjumlah 3 orang dan siswa kelas rendah masing-masing berjumlah kelas I: 35 siswa, kelas II: 31 siswa, dan kelas III: 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang mencakup empat kegiatan utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh data yang akurat diperoleh dengan pengamatan terus-menerus, member cek dan triangulasi data, baik sumber maupun metode. Penelitian ini menemukan bahwa: 1) Pelaksanaan model pembelajaran tematik di SD Negeri 01 Sirau: a) RPP yang digunakan belum sesuai dengan karakteristik model pembelajaran tematik, b) Guru di SD Negeri 01 Sirau belum menerapkan model pembelajaran tematik sesuai dengan karakteristik model pembelajaran tersebut. 2) Kendala-kendala dalam pelaksanaan model pembelajaran tematik di SD Negeri 01 Sirau: a) keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, b) latar belakang pendidikan guru masih rendah, c) keterbatasan pengetahuan guru mengenai penerapan model pembelajaran tematik, d) keterbatasan penggunaan model dan media pembelajaran, e) sulitnya mengubah cara mengajar guru. 3) Upaya yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 01 Sirau adalah pemanfaatan lingkungan sekitar, mempelajari buku mengenai model pembelajaran tematik, menciptakan pembelajaran yang tidak menakutkan dan memotivasi siswa untuk giat belajar. Kata kunci: pembelajaran, model, tematik, siswa kelas rendah, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Sep 2012 11:21
Last Modified: 29 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6123

Actions (login required)

View Item View Item