MODIFIKASI SISTEM INJEKSI ENGINE HONDA KARISMA 125 BERBASIS ECU MEGASQUIRT-3 PADA MOBIL GARUDA URBAN GASOLINE GUNA KOMPETISI SHELL ECO MARATHON ASIA SINGAPURA 2017

Septian, Mustafit (2017) MODIFIKASI SISTEM INJEKSI ENGINE HONDA KARISMA 125 BERBASIS ECU MEGASQUIRT-3 PADA MOBIL GARUDA URBAN GASOLINE GUNA KOMPETISI SHELL ECO MARATHON ASIA SINGAPURA 2017. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
PA_OTO_14509134003_Mustafit Septian.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penyusunan proyek akhir yang berjudul Modifikasi Sistem Injeksi Engine Honda Karisma 125 Berbasis Ecu Megasquirt-3 Pada Mobil Garuda Urban Gasoline Guna Kompetisi Shell Eco Marathon Asia Singapura 2017, mampu melakukan modifikasi dan dapat mengaplikasikan sistem kontrol elektronik sistem bahan bakar injeksi standar menjadi sistem bahan bakar injeksi ecu programmable MS-3 untuk kebutuhan kompetisi SEM. Modifikasi ini terdiri dari tinjauan sistem kontrol elektronik. Dirancang sedemikian rupa sehingga dalam modifikasi ini semua komponen sistem kontrol elektronik dapat bekerja dengan baik dan mampu bekerja sebagai mana mestinya. Modifikasi sistem injeksi meliputi pemasangan, wiring, sensor, actuator, dan pemrograman ECU MS-3 pada mobil Urban Gasoline Garuda UNY team. Uji modifikasi digunakan bertujuan menganalisis adanya kesenjangan dalam proses pembuatan dari desain ke hasil akhir. Setelah dipastikan semua sudah sesuai dan mesin dapat menyala maka terakhir dilakukan pengujian yang mengacu pada hasil dari modifikasi yang berupa pengujian dari performa mesin serta pengujian konsumsi bahan bakar tersebut. Hasil pengujian dari Modifikasi Sistem Injeksi Engine Honda Karisma 125 Berbasis Ecu Megasquirt-3 yaitu sistem modifikasi sudah sesuai dan bekerja dengan baik sehingga mesin dapat hidup. Sedangkan hasil modifikasi dari segi performa terjadi peningkatan torsi sebesar 21,45%, peningkatan power sebesar 21,97%, serta peningkatan efesiensi bahan bakar sebesar 39.34%.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Mobil Garuda Urban Gasoline, Ecu Megasquirt 3, Peforma dan Konsumsi bahan bakar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61227

Actions (login required)

View Item View Item