HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV, V, DAN VI SD SONOSEWU KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nurrochim, - (2012) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV, V, DAN VI SD SONOSEWU KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurrochim.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua demokratis dengan kemandirian, hubungan interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian, hubungan pola asuh orang tua demokratis dan interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian siswa kelas IV, V, dan VI SD Sonosewu, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini berjumlah 172 siswa. Sampel penelitian diambil berdasar tabel Krejcie dan Morgan yaitu 120 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data pola asuh orang tua demokratis, interaksi sosial teman sebaya dan kemandirian diambil dengan instrumen angket. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 20 siswa.Uji validitas menggunakan rumus korelasi momen tangkar yang selanjutnya dikoreksi menggunakan korelasi bagian total, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach, keduanya menggunakan cara internal consistency. Analisis data selanjutnya menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan metode regresi linier ganda dengan dua prediktor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa kelas IV,V, dan VI SD Sonosewu, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012 tedapat: (1) pola asuh orang tua demokratis rata-rata pada kategori sedang, interaksi sosial teman sebaya pada kategori sedang, dan kemandirian siswa rata-rata pada kategori sedang. (2) ada hubungan positif dan signifikan pola asuh orang tua demokratis dengan kemandirian sebesar sebesar 14,673% (p = 0,000). (3) ada hubungan positif dan signifikan interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian sebesar 22,288% (p = 0,000). (4) ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dan interaksi teman sebaya secara bersama-sama dengan kemandirian sebesar 37,0% (p = 0,000). Kata kunci: pola asuh orang tua demokratis, interaksi sosial teman sebaya, kemandirian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Sep 2012 11:21
Last Modified: 29 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6122

Actions (login required)

View Item View Item