PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI PELAJARAN PEMBUATAN CAKE ULANG TAHUN UNTUK KELAS XI PATISERI DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sholikati, Sholikati (2017) PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI PELAJARAN PEMBUATAN CAKE ULANG TAHUN UNTUK KELAS XI PATISERI DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sholikati_13511241001_Tugas Akhir Skripsi.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pada materi pelajaran pembuatan cake ulang tahun kelas XI Patiseri di SMK Negeri 4 Yogyakarta. 2) mengetahui hasil uji kelayakan pengembangan modul pada materi pelajaran pembuatan cake ulang tahun kelas XI Patiseri di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian dan pengembangan R & D dengan menggunakan model penelitian 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket terbuka. Hasil penelitian ini adalah: 1) mengembangkan modul pada materi pelajaran pembuatan cake ulang tahun kelas XI Patiseri di SMK Negeri 4 Yogyakarta, melalui beberapa tahapan antara lain tahap define (perencanaan) yang dilakukan dengan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas dan analisis perumusan tujuan. Tahap design (perancangan) yaitu dilakukan pemilihan media dan perancangan modul pembuatan cake ulang tahun. Tahap selanjutnya develop (pengembangan) modul yang telah dirancang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang bertujuan untuk perbaikan modul, dan diuji coba kepada peserta didik. 2) hasil kelayakan modul pembuatan cake ulang tahun yang dinilai oleh ahli materi didapatkan rerata skor keseluruhan 3.14 dikategorikan “layak”, sedangkan untuk penilaian ahli media diperoleh rerata skor keseluruhan 3.53 dikategorikan “sangat layak”. Berdasarkan uji coba yang diakukan di SMK Negeri 4 Yogyakarta dilihat dari 3 aspek didapatkan rerata skor keseluruhan 3.40 sehingga modul dikategorikan “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, modul dan cake ulang tahun
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Nov 2018 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61217

Actions (login required)

View Item View Item