Khoir, Pujang Jamaludin (2017) MODIFIKASI SISTEM KELISTRIKAN ENGINE STAND TOYOTA KIJANG 5K. D3 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
NASKAH TA_PUJANG JAMALUDIN KHOIR_14509134026.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari proyek akhir ini adalah : (1) Melakukan modifikasi engine stand kelistrikan Toyota Kijang 5K di bengkel Otomotif FT UNY (2) Melakukan uji fungsional dan kinerja sistem kelistrikan Engine Stand Toyota Kijang 5K. Proses modifikasi pada sistem kelistrikan Engine Stand Toyota Kijang 5K dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : (1) Mengganti kabel kelistrikan Engine Stand Toyota Kijang 5K, dikarenakan kondisi kabel kelistrikan pada engine stand yang lama banyak mengalami kerusakan, kabel yang hanya disambung, dan kurangnya pengaman pada pembungkusan kabel, pengaplikasian fusibble link pada sistem kelistrikan, serta membuat panel dengan desain yang baru dan melengkapi item yang tidak ada (2) Proses pelaksanaan modifikasi yaitu dengan mengidentifikasi komponen, melepas komponen kelistrikan dan juga jaringan kabel yang lama, pemasangan jaringan kabel sesuai layout Engine Stand Toyota Kijang 5K, melakukan pembungkusan kabel, serta pemasangan komponen kelistrikan (3) Melakukan pengujian fungsi komponen dan kinerja sistem kelistrikan Engine Stand Toyota Kijang 5K. Berdasarkan hasil modifikasi Engine Stand Toyota Kijang 5K maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Proses modifikasi sistem kelistrikan bodi Engine Stand Toyota Kijang 5K meliputi penggantian kabel kelistrikan dan panel Engine Stand Toyota Kijang 5K yang lama. Proses pelaksanaan modifikasi dengan mengidentifikasi komponen, melepas komponen kelistrikan dan jaringan kabel yang lama, membuat rangkaian kabel kelistrikan yang baru, pemasangan jaringan kabel yang baru sesuai layout penempatan kabel, pemasangan komponen kelistrikan dan menguji fungsi komponen serta kinerja sistem kelistrikan Engine Stand Toyota Kijang 5K yang baru (2) Hasil dari pengujian modifikasi Engine Stand Toyota Kijang 5K pada sistem kelistrikan dan jaringan kabel yang baru di dapatkan sistem tersebut dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, indikator dan ampermeter pada panel dapat bekerja dan kabel tidak panas dan tidak putus, aman, serta kebutuhan akan daya listrik dengan penggunaan komponen yang ada dapat tercukupi.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 01:08 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 03:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61212 |
Actions (login required)
View Item |