Ayuningtyas, Rosma Titisari (2018) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN ANAK TK KELOMPOK A GUGUS V MLATI DI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.
Text
Ayuningtyas Rosma Titisari_11111241007.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pola asuh demokratis orangtua, tingkat perkembangan kemandirian anak, serta mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orangtua dengan kemandirian anak TK Kelompok A Gugus V Mlati Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan subyek penelitian anak TK Kelompok A Gugus V Mlati yang terdiri dari tiga TK, yaitu TK Masyithoh, TK Pertiwi I dan TK Garuda III pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 anak dan 60 orangtua/walimurid dari anak tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi serta angket yang diberikan pada orangtua/walimurid. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian menunjukkan 59 orangtua menerapkan pola asuh demokratis sangat tinggi mencapai 98,33%. Hasil tingkat perkembangan kemandirian, 33 anak dikategorikan sangat baik dengan persentase mencapai 55%. Hubungan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak menunjukkan angka 0.326 yang berarti terdapat hubungan yang positif di TK A Gugus V Mlati Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Di mana tingkat pola asuh demokratis dari orangtua sangat tinggi akan diikuti tingkat kemandirian anak yang sangat baik. Kata kunci: pola asuh demokratis, kemandirian, anak TK A
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 07:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61206 |
Actions (login required)
View Item |