PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KUNCUP MELATI KUTON BERBAH SLEMAN

Rani, Fitrianingsih (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KUNCUP MELATI KUTON BERBAH SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
RANI FITRIANINGSIH_14111241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Kuncup Melati. Penelitian ini dilakukan karena terdapat masalah dalam kemampuan berbicara anak kelompok B, yaitu kemampuan berbicara anak belum lancar, penempatan jeda saat berbicara, pemilihan kata-kata belum sesuai dan target percakapan anak belum benar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini yaitu 11 anak di kelompok B TK Kuncup Melati. Objek penelitiannya yaitu kemampuan berbicara anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila persentase rata-rata hasil kemampuan berbicara anak mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak meningkat setelah adanya tindakan menggunakan media kartu bergambar dengan beberapa langkah yaitu: 1) Sebelum dilaksanakannya pembelajaran, peneliti terlebih dahulu mempersiapkan alat dan bahan yang akan dipakai. 2) Guru menjelaskan definisi setiap gambar, kemudian setiap siswa dibagi satu kartu bergambar. 3) guru memberi pertanyaan kepada setiap siswa mengenai gambar tersebut 4) siswa kemudian menjawab dan siswa menceritakan tentang gambar pada kartu bergambar yang dipegang oleh siswa. Berdasarkan data hasil observasi pada Pratindakan menunjukkan bahwa persentase rata-rata kemampuan berbicara siswa sebesar 60,80%. Pada Siklus I persentase rata-rata kemampuan berbicara anak sebesar 78,12%. Pada Siklus II persentase rata-rata kemampuan berbicara anak sebesar 87,3%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian dapat dikatakan berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan yaitu 80%. Kata kunci: kemampuan berbicara, media kartu bergambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Nov 2018 04:57
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61202

Actions (login required)

View Item View Item