PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP PERILAKU KERJA SAMA DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO

Tias, Ambarwati (2018) PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP PERILAKU KERJA SAMA DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Tias Ambarwati_14111241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui tingkat pola asuh otoritatif yang diterapkan oleh orang tua siswa di Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo, (2) mengetahui perilaku kerja sama dii Taman Kanak-kanak Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo, (3) mengetahui pengaruh pola asuh otoritatif terhadap perilaku kerja sama di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa di Taman Kanak-kanak yang ada di Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo yaitu sebanyak 718 siswa. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposive sampling yaitu menggunakan pertimbangan. Selanjutnya petimbangan penentuan sampel berdasarkan nilai akreditasi sekolah A dengan masa berlaku mendekati tahun 2018, yaitu sebanyak 51 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Pengujian validitas dengan judgement expert. Uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 23. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 20% anak memiliki perilaku kerja sama yang termasuk kategori tinggi, sebanyak 71% anak memiliki perilaku kerja sama yang termasuk kategori sedang, sebanyak 10% anak memiliki perilaku kerja sama yang termasuk kategori rendah, (2) Sebanyak 82% orang tua menerapkan pola asuh otoritatif, (3) terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara pola asuh otoritatif dengan perilaku kerja sama (Y’ = -47,316 + 0,465X, sig :0,000). Kata kunci : pola asuh, otoritatif, perilaku kerja sama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Nov 2018 04:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61198

Actions (login required)

View Item View Item