PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERSONALIA PENDIDIKAN DI SMP SE KECAMATAN DEPOK

Nofiyanto, Nofiyanto (2012) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERSONALIA PENDIDIKAN DI SMP SE KECAMATAN DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nofiyanto.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komite sekolah dalam pengelolaan personalia pendidikan di SMP se Kecamatan Depok, yang meliputi peran komite sekolah sebagai: (1) pertimbangan (advisory); (2) pendukung (supporting); (3) pengontrol (controlling); dan (4) penghubung (mediator). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP se Kecamatan Depok yang berjumlah 10 sekolah, dengan populasi pengurus komite sekolah SMP se Kecamatan Depok, sebanyak 85 orang. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert dan pedoman studi dokumentasi. Instrumen penelitian diuji cobakan kepada 30 anggota pengurus komite sekolah. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi, sedang untuk uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Peran sebagai pemberi pertimbangan di SMP se Kecamatan Depok, komite sekolah cenderung berperan rendah, yang ditunjukkan sebanyak 39,55% (hampir separuh) komite sekolah berperan rendah, 12,20% (sebagian kecil) berperan sangat rendah, sedangkan yang berperan tinggi 36,27% (hampir separuh) dan sisanya 12,16% (sebagian kecil) berperan sangat tinggi. (2) Peran sebagai pendukung di SMP se Kecamatan Depok, komite sekolah cenderung berperan rendah, yang ditunjukkan sebanyak 48,15% (hampir separuh) komite sekolah berperan rendah, 23,78% (sebagian kecil) berperan sangat rendah, sedangkan yang berperan tinggi 20,92% (sebagian kecil) dan sisanya 7,14% (sebagian kecil) berperan sangat tinggi. (3) Peran sebagai pengontrol di SMP se Kecamatan Depok, komite sekolah cenderung berperan tinggi, yang ditunjukkan sebanyak 26,55% (sebagian kecil) komite sekolah berperan tinggi, 24,79% (sebagian kecil) berperan sangat tinggi, sedangkan yang berperan sangat rendah 15,46% (sebagian kecil) dan sisanya 33,19% (sebagian besar) berperan rendah. (4) Peran sebagai penghubung di SMP se Kecamatan Depok, komite sekolah cenderung berperan rendah, yang ditunjukkan sebanyak 29,51% (sebagian kecil) komite sekolah berperan rendah, 21,67% (sebagian kecil) berperan sangat rendah, sedangkan yang berperan tinggi 30,74% (hampir separuh) dan sisanya 18,09% (sebagian kecil) berperan sangat tinggi. Kata kunci: komite sekolah, pengelolaan pendidikan, personalia pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6116

Actions (login required)

View Item View Item