Pengelolaan Program Bimbingan Karir dan Tingkat Pemahaman Karir di SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta Setelah Berlakunya ASEAN Economic Community.

Saputra, Rios (2018) Pengelolaan Program Bimbingan Karir dan Tingkat Pemahaman Karir di SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta Setelah Berlakunya ASEAN Economic Community. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rios saputra-14702251065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengungkap dan mendiskripsikan seberapa baik pengelolaan program bimbingan karir di SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta setelah berlakunya kebijakan ASEAN Economic Community 2015, (2) Untuk mengungkap dan mendiskripsikan tingkat pemahaman karir siswa di SMK Negeri Program Studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Daerah Istimewa Yogyakarta setelah berlakuknya kebijakan ASEAN Economic Community 2015. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang didukung data kualitatif dengan metode penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan di 8 SMK Negeri yang memiliki paket keahlian TKR serta menjadi sekolah rujukan. Dengan melibatkan kepala sekolah, koordinator BK, staf BK, dan guru paket keahlian TKR dengan jumlah sebanyak 141 orang dan siswa kelas XII sebanyak 194 orang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan SMK & proportional random sampling digunakan untuk menentukan ukuran sampel kelompok (siswa). Data penelitian didapat dari kuesioner yang bersifat terbuka. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan data kualitatif sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pengelolaan bimbingan karir di SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta secara keseluruhan masuk dalam kategori sedang. Dengan memperoleh nilai rata-rata keseluruhan (mean) sebesar 2,27 dengan persentase sebesar 55,80%. Hasil ini menunjukkan bahwa pengelolaan program bimbingan karir di SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta belum dilaksanakan secara optimal. Hal ini dilihat dari berbagai kesulitan-kesulitan atau hambatan-hambatan yang terjadi dalam pengelola program bimbingan karir. (2) Pemahaman karir di SMK Negeri paket keahlian TKR Daerah Istimewa Yogyakarta secara keseluruhan masuk dalam kategori sedang. Dengan pencapaian nilai rata-rata keseluruhan (mean) sebesar 0,77 dengan persentase secara keseluruhan adalah 38,65% dari kriteria intepretasi data yang ditetapkan. Hasil tersebut menegaskan bahwa siswa SMK Negeri Prodi TKR belum mampu menyerap dan memiliki pemahaman karir yang dapat mendukung kehidupannya dimasa depan. Ini terjadi karena pengelolaan program bimbingan karir yang dilaksanakan di SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta belum secara optimal dilakukan. Selain itu juga minat dan antusias siswa yang sangat rendah untuk melakukan konsultasi terhadap pengelola program bimbingan karir. Sehingga siswa tidak mampu memenuhi dan menyelesaikan tugas perkembangan karir dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan program bimbingan karir, Pemahaman karir, SMK, AEC 2015.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:01
Last Modified: 18 Aug 2022 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61150

Actions (login required)

View Item View Item