UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN DLE KELAS X T AV 1 DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Fajarini, Afri Kartikawati (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN DLE KELAS X T AV 1 DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFRI KARTIKAWATI F_PTE_14502244002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) kelas X T AV 1 di SMK Negeri 2 Yogyakarta menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTeggart. Subjek penelitian ialah kelas X T AV 1 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X T AV 1. Peningkatan keaktifan ini dapat diketahui dari kontribusi siswa selama proses pembelajaran berupa antusias siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, siswa memperhatikan penjelasan teman ketika presentasi, memberikan pertanyaan, siswa mengemukakan pendapat, siswa mencatat materi, siswa menulis tugas yang diberikan oleh guru, dan siswa melakukan kerjasama dengan kelompok. Pencapaian tertinggi pada indikator melakukan kerjasama kelompok dan bermusyawarah dalam mengerjakan tugas, masing-masing indikator yaitu sebesar 93,75%. Sedangkan untuk pencapaian paling rendah yaitu mengemukakan pendapat yaitu sebesar 37,50%. Peningkatan keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif maupun psikomotorik siswa. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif siklus I sebesar 74,53 meningkat menjadi 81,25 pada siklus II. Aspek psikomotorik siswa diperoleh presentase siklus I sebesar 74,06% dan siklus II meningkat menjadi 84,37%. Peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dapat diketahui dari tes hasil belajar yang dilakukan setiap akhir siklus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, keaktifan belajar siswa, hasil belajar, DLE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61147

Actions (login required)

View Item View Item