TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS V MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Lupita Astarina, Hani Putranti (2018) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS V MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
lupita astarina hani putranti_11111244035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Gugus V Mlati Sleman Yogyakarta. Hal ini dikarenakan kemampuan motorik kasar memiliki peranan dalam kehidupan anak. Alasan penelitian ini karena masih terdapat 6 dari 8 anak bahwa perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun sudah mulai berkembang terlihat anak mampu berlari, namun peneliti masih menemukan kekurangan yang belum sesuai dengan tingkat pencapaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok A di Gugus V Mlati yang berjumlah 266 anak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 147 anak, dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan yaitu teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan motorik kasar yang meliputi indikator menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dan sebagainya, melakukan gerakan menggantung (bergelayut), melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi, melempar sesuatu secara terarah, menangkap sesuatu secara tepat, melakukan gerakan antisipasi, menendang sesuatu secara terarah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak pada anak kelompok A di TK Gugus V Mlati Sleman Yogyakarta pada kategori berkembang sangat baik (BSB) terdapat 0 anak (0,00%), kategori berkembang sesuai dengan harapan (BSH) terdapat 82 anak (55,78%), kategori mulai berkembang (MB) terdapat 64 anak (43,54%), dan sebanyak 1 anak (0,68%) kategori belum berkembang (BB). Kata kunci: kemampuan motorik kasar, anak TK A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Nov 2018 04:40
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61139

Actions (login required)

View Item View Item