PENGARUH PENGGUNAAN METODE HANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN

Laila, Dwi Haryani (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE HANDS-ON ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PENGENALAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK BDI RA KRAPYAK TRIHARJO SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Laila Dwi Haryani_11111244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode hands-on activity terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di RA Krapyak Triharjo Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok B RA Krapyak Triharjo Sleman yang berjumlah 60 anak, dengan rincian 30 anak di Kelompok B1 dan 30 anak di Kelompok B2. Objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains. Langkah-langkah pelaksanaan eksperimen yang dilakukan adalah pretest, treatment, dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes lisan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi dan lembar tanya jawab. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode hands-on activity pada kelompok eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains anak Kelompok B di RA Krapyak Triharjo Sleman pada materi percobaan peristiwa siang dan malam maupun gunung meletus. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Uji-t pada pretest-posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t-hitung sebesar 12,494 dengan nilai signifikansi 0,000 pada materi percobaan peristiwa siang dan malam juga nilai t-hitung sebesar 13,502 dengan nilai signifikansi 0,000 pada materi percobaan peristiwa gunung meletus. Nilai signifikansi menyatakan < 0,05 maka hipotesis diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil tes awal (pretest) dengan tes akhir (posttest) kelompok eksperimen materi percobaan peristiwa siang dan malam maupun gunung meletus. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan keterampilan proses sains anak pada kelompok eksperimen dalam pembelajarannya menggunakan metode hands-on activity. Sehingga penerapan metode hands-on activity mempengaruhi keterampilan proses sains anak Kelompok B di RA Krapyak. Kata Kunci: metode pembelajaran hands-on activity, keterampilan proses sains, anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:49
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61136

Actions (login required)

View Item View Item