PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK ANIMASI PADA MATA PELAJARAN SANITASI, HYGIENE, DAN KESELAMATAN KERJA DI SMKN 1 SEWON

Fatimah, Sayyidah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK ANIMASI PADA MATA PELAJARAN SANITASI, HYGIENE, DAN KESELAMATAN KERJA DI SMKN 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sayyidah Fatimah PTBB (Cover-Lampiran).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk media pembelajaran dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, (2) mengetahui kelayakan pengembangan produk media pembelajaran dalam bentuk pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja di SMKN 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada 23 November 2016 sampai dengan 2 Mei 2017 di SMKN 1 Sewon. Subjek penelitian ini adalah dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, dan 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi literature, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan teknik analisis stastitik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) proses pengembangan produk media pembelajaran dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamtan kerja ini melalui beberapa tahapan seperti; tahap define dilakukan analisis tujuan, dan kebutuhan media pembelajaran dalam bentuk animasi melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tahap design pengumpulan materi dan merancang media pembelajaran dalam bentuk animasi sesuai dengan silabus pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja. Tahap develop yaitu mengembangkan, menyusun, dan menguji kelayakan produk pada subjek penelitain. Pada tahap dessimate, peneliti tidak melakukannya karena keterbatasan waktu dan pengetahuan (2) kelayakan pengembangan produk media pembelajaran dalam bentuk animasi pada mata pelajaran sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja, hasil dari penilaian dosen ahli materi presentase kelayakan 100% layak digunakan berdasarkan kualitas isi dan tujuan dan presentase kelayakan berdasarkan kualitas instruksional 100% layak digunakan. Dari perhitungan kualitas teknik oleh dosen ahli media 26,66% sangat layak dan 73,33% layak digunakan. Penilaian guru mata pelajaran berdasarkan kualitas isi dan tujuan 100% layak digunakan, berdasarkan kualitas instruksional 100% layak digunakan dan berdasarkan kualitas teknik 90% sangat layak dan 10% layak. Penilaian uji skala kecil pada 12 siswa berdasarkan kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknik sebesar 66,67% sangat layak dan 33,33% layak. Penilaian uji skala besar pada 81 siswa berdasarkan kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknik siswa 88,89% sangat layak dan 11,11% layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, animasi, produk media pembelajaran dalam bentuk animasi, sanitasi, hygiene, dan keselamatan kerja
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:46
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61124

Actions (login required)

View Item View Item