PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X SEMESTER GASAL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 PENGASIH KULONPROGO

Albaniah, Siti (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X SEMESTER GASAL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 PENGASIH KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI SITI ALBANIAH 13502241007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Menghasilkan Modul pembelajaran Teknik Listrik X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Pengasih; (2) Mengetahui kelayakan modul Teknik Listrik yang telah dibuat untuk kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Pengasih Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D model dengan empat tahapan pokok yaitu, (1) Pendefinisian (Define); (2) Perancangan (Design); (3) Tahap pengembangan (Develop); (4) Tahap penyebaran (Disseminate). Penelitian dilakukan di SMKN 2 Pengasih Kulo nprogo, pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Semester Gasal. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: proses pengembangan Modul Teknik Listrik berdasarkan tahap define, design, develop dan disseminate. Hasil penilaian tingkat kelayakan modul yang divalidasi oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan sebesar 91.92% (sangat layak). Penilaian tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 89.15%. Sedangkan dari hasil ujicoba lapangan (responden siswa) sebesar 78.99% (layak). Berdasarkan data tersebut memperoleh rata-rata skor tiap penilaian sebesar 8668%. Sehingga modul dikategorikan sangat layak digunakan untuk bahan pembelajaran peserta didik di SMKN 2 Pengasih Kulonprogo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Teknik Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61113

Actions (login required)

View Item View Item