PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNIK DIGITAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY

Rochayati, Umi and Zakaria, Masduki PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNIK DIGITAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY. [Experiment/Research]

[img] Text
IMPROVING_LEARNING_QUALITY_OF_DIGITAL_ENGINEERING_COURSE_THROUGH_LESSON_STUDY.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendapatkan pola pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah teknik digital sehingga dapat meningkatkan kualitas proses belajar mahasiswa, (2) Mengetahui hasil belajar yang dicapai mahasiswa pada mata kuliah teknik digital yang proses pembelajarannya menerapkan pembelajaran berbasis lesson study. Penelitian dilaksanakan di Prodi Pendidikan Teknik Informatika FT-UNY, dengan subyek penelitian adalah mahasiswa S1 yang mengambil mata kuliah teknik digital. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tahapan-tahapan yang berlaku dalam pembelajaran yang berbasis lesson study. Pelaksanaan penelitian berlangsung dalam 3 siklus yang disesuaikan dengan alokasi dan pokok bahasan yang dipilih. Dalam setiap siklus terdiri dari tahapan plan, do dan see . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : lembar observasi dan tes prestasi belajar. Instrumen observasi disusun berdasarkan komponen dasar pembelajaran berbasis lesson study untuk mengetahui kualitas pembelajaran teknik digital, dan tes prestasi belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, perekaman dan tes. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas pembelajaran. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara membandingkan skor individu dengan tes sebelumnya. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh suatu pola pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah teknik digital yang terdiri dari beberapa tahap yaitu : (a) Sebelum perkuliahan berlangsung, dosen dan kolaborator menyiapkan perencanaan untuk pembelajaran yaitu materi kuliah, RPP, LKM, lembar observasi, serta evaluasi. (b) Pelaksanaan perkuliahan diawali dengan penjelasan dosen tentang materi yang akan didiskusikan. Kemudian dilakukan diskusi kelompok dan dilanjutkan dengan presentasi kelompok di depan kelas. Pada pelaksanaan perkuliahan dilakukan observasi dan pengamatan untuk mengetahui kekurangan proses pembelajaran, (c) Setelah perkuliahan selesai dilakukan refleksi untuk mengurangi kelemahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Ini dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang aktif semakin banyak, perkuliahan tidak membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Dari hasil belajar mahasiswa juga terjadi peningkatan mulai dari siklus I dengan pencapaian nilai rata-rata 67,17 dengan jumlah mahasiswa yang mencapai nilai ≥ 70 sebanyak 16 mahasiswa (40%) menjadi 72,28 dengan jumlah mahasiswa yang mencapai nilai ≥ 70 sebanyak 27 mahasiswa (67,5%)pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi 74,93 dengan jumlah mahasiswa yang mencapai nilai ≥ 70 sebanyak 32 mahasiswa (80%).

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 12:52
Last Modified: 19 Sep 2012 12:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item View Item