Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash Materi Spermatophyta Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 9 Balikpapan.

Aldya, Riantina Fitra (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash Materi Spermatophyta Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 9 Balikpapan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riantina fitra aldya-16725251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash materi Spermatophyta dari aspek media dan materi; (2) peningkatan minat belajar peserta didik kelas X setelah menggunakan media pembelajaran berbasis adobe flash; (3) peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas X setelah menggunakan media pembelajaran berbasis adobe flash; (4) peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas X setelah menggunakan media pembelajaran berbasis adobe flash secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang dibatasi hanya pada tahap implementasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Balikpapan, sebagai sekolah yang berbasis kebun raya. Uji coba terbatas diberikan kepada 30 peserta didik kelas XI MIPA, dan uji lapangan diberikan kepada 60 peserta didik kelas X MIPA, terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes untuk mengukur minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Analisis data menggunakan uji-MANOVA pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran biologi berbasis adobe flash sub materi Spermatophyta menurut ahli media, materi, guru, teman sejawat dan peserta didik berada pada kategori “layak” untuk digunakan; (2) media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, dengan melihat gain score pada kelas perlakuan sebesar 0,638 yang berkategori sedang dan 0,063 pada kelas kontrol yang berkategori rendah, dengan taraf signifikansi sebesar 0.00<0.05; (3) media pembelajaran biologi yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, dengan melihat gain score pada kelas perlakuan sebesar 0,63 dengan kategori sedang dan 0,26 pada kelas kontrol dengan kategori rendah; dan (4) Media pembelajaran berbasis adobe flash mempengaruhi minat dan pemahaman konsep secara simultan dengan signifikansi 0.00 dengan korelasi yang positif. Kata Kunci: adobe, flash, konsep, media, minat, pemahaman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: adobe, flash, konsep, media, minat,pemahaman
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:01
Last Modified: 23 Feb 2023 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61097

Actions (login required)

View Item View Item