Pengaruh Metode Latihan Mental dan Konsentrasi terhadap Ketepatan Servis Pendek Backhand.

Manurung, Oloan Victory (2018) Pengaruh Metode Latihan Mental dan Konsentrasi terhadap Ketepatan Servis Pendek Backhand. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-oloan victory manurung-16711251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) perbedaan pengaruh antara metode latihan mental internal imagery dan latihan mental external imagery terhadap ketepatan servis pendek backhand, (2) perbedaan pengaruh antara atlet yang memiliki tingkat konsentrasi tinggi dan atlet yang memiliki tingkat konsentrasi rendah terhadap ketepatan servis pendek backhand, (3) interaksi antara metode latihan mental dan kosentrasi terhadap ketepatan servis pendek backhand. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan analisis varian (anava) pada taraf signifikansi (α) 0,05. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet putra Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) badminton Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 24 atlet. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes konsentrasi menggunakan grid concentration test dan tes ketepatan servis pendek backhand. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode latihan internal imagery dan metode latihan external imagery terhadap ketepatan servis pendek backhand, yang terbukti dengan nilai p = 0,003 > 0,05. (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara atlet yang memiliki tingkat konsentrasi tinggi dan rendah terhadap peningkatan ketepatan servis pendek backhand, yang terbukti dengan nilai p = 0,000 < 0,05, atlet yang memiliki tingkat konsentrasi tinggi memberikan pengaruh yang lebih baik dari atlet yang memiliki tingkat konsentrasi rendah terhadap ketepatan servis pendek backhand. (3) Terdapat interaksi metode latihan dan konsentrasi terhadap ketepatan servis pendek backhand yang terbukti dengan nilai p = 0,000 > 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode latihan, internal imagery, external imagery, konsentrasi, ketepatan servis pendek backhand.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:18
Last Modified: 06 Jan 2022 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61092

Actions (login required)

View Item View Item