PENGARUH LATIHAN PNF (PROPIOCEPTIVE NEUROMUSCHULAR FACILITATION) DAN THAI MASSAGE TERHADAP TINGKAT FLEKSIBILITAS TOGOK ATLET UKM KARATE INKAI UNY

Alfarisi, Salman (2018) PENGARUH LATIHAN PNF (PROPIOCEPTIVE NEUROMUSCHULAR FACILITATION) DAN THAI MASSAGE TERHADAP TINGKAT FLEKSIBILITAS TOGOK ATLET UKM KARATE INKAI UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan mengenai bentuk treatment untuk meningkatkan fleksibilitas seperti PNF Stretching dan Thai Massage masih kurang. Padahal banyak sekali yang bisa di dapat dari melakukan treatment tersebut dalam berolahraga, misalnya terhindar dari cedera saat berlatih dan meningkatkan teknik pada cabor tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan PNF (Propioceptive Neuromuscular Facilitation) dan Thai Massage terhadap tingkat fleksibilitas togok atlet UKM Karate INKAI UNY . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota UKM Karate INKAI UNY sebanyak 75 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapat sample sejumlah 20 orang. Sample penelitian kemudian dibagi menjadi 2 kelompok menggunakan ordinal pairing. Instrumen dalam penelitian ini adalah Sit and Reach. Analisis data menggunakan uji t (paired sample t test) pada taraf signifikasi 0,05. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok PNF diperoleh nilai t hitung (5.600) > t tabel (2,82), dan nilai p (0,000) < dari 0,05 menunjukan peningkatan derajat tingkat fleksibilitas sebesar 17,5%. Sedangkan pada kelompok Thai Massage diperoleh nilai t hitung (7.319) > t tabel (2,82), dan nilai p (0,000) < dari 0,05 menunjukan peningkatan derajat tingkat fleksibilitas sebesar 8,3%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa treatment PNF Streching lebih signifikan pengaruhnya terhadap fleksibilitas dibanding treatment Thai Massage.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PNF Streching, Thai Massage, Fleksibilitas.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Nov 2018 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61079

Actions (login required)

View Item View Item