PERSEPSI ANGGOTA BANK SMAPAH TERHADAP PERANAN BANK SAMPAH KASTURI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI PADUKUHAN GEMPOL DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK SLEMAN

Mustika, Azola Hawa (2018) PERSEPSI ANGGOTA BANK SMAPAH TERHADAP PERANAN BANK SAMPAH KASTURI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI PADUKUHAN GEMPOL DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK SLEMAN. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui persepsi anggota Bank Sampah terhadap sampah dari aspek sosial dan budaya, (2) mengetahui Pengelolaan sampah oleh Anggota Bank sampah kasturi di Padukuhan Gempol, (3) mengetahui Perilaku anggota Bank Sampah dalam membuang sampah rumah tangga di Padukuhan Gempol. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah anggota bank sampah dan pengurus bank sampah sebanyak 90 orang. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunkan Alpha Cronbach. Teknik Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persepsi anggota bank sampah terhadap sampah dari Aspek sosial yaitu sebesar 45,50% dikategorikan baik, selanjutnya yaitu persepsi anggota terhadap sampah dari aspek budaya yaitu 61,10% dikategorikan cukup baik di Bank Sampah Kasturi Padukuhan Gempol, (2) Pengelolaan sampah di bank sampah kasturi oleh anggota bank sampah ditinjau dari pengelolaan sampah dengan persentase sebesar 71,10% kategori baik pada penimbulan sampah, 70,00% kategori baik penanganan ditempat, 31,50% kategori baik pengumpulan, 44,10% kategori baik pengangkutan, 62,00% kategori baik dalam pengolahan sampah organik, 75,50% kategori baik dalam pengolahan sampah anorganik, 44,40% kategori cukup baik dalam pengolahan sampah spesifik, dan terakhir 46,60% kategori baik dalam pembuangan akhir, (3) Perilaku anggota bank sampah dalam membuang sampah terutama sampah rumah tangga ditintau dari indikator pengelolaan sampah penanganan di tempat menunjukkan persentase 70,00% kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 02 Nov 2018 00:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61068

Actions (login required)

View Item View Item