PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Ratnasari,, Novi (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_12502241024_NOVI RATNASARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar, hasil belajar Elektronika Dasar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video, dan faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah siswa kelas X TAV 2 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Elektronika Dasar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa siklus I sebesar 61,06% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase sebesar 71,06%. Hasil belajar siswa pada siklus I diketahui rata-rata kelas sebesar 76,17 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,33. Faktor-faktor pendukung dalam penelitian yaitu tingkat kedisplinan dan kesadaran siswa yang tinggi, penggunaan power point dan pemberian handout, dan penguasaan siswa terkait materi gerbang logika dasar. Sedangkan faktorfaktor penghambat yaitu aktvitas lain selama pembelajaran, kurangnya rasa kepedulian siswa, dan kurangnya ketegasan guru terkait waktu pada tiap tahap pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TGT (Teams Game Tournament), minat belajar, hasil belajar, Elektronika Dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61055

Actions (login required)

View Item View Item