MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN MACAM- MACAM KAMPUH MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMK N 1 PENGASIH

Witarti, Etik (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN MACAM- MACAM KAMPUH MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMK N 1 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
skripsi ETIK WITARTI 14513247002.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran pembuatan macam- macam kampuh menggunakan video pembelajaran berbasis adobe flash untuk siswa SMK N 1 Pengasih; 2) peningkatan motivasi siswa dengan video pembelajaran berbasis adobe flash dalam pembelajaran pembuatan macam- macam kampuh untuk siswa SMK N 1 Pengasih; 3) peningkatan hasil belajar siswa dengan video pembelajaran berbasis dobe flash dalam pembelajaran pembuatan macam- macam kampuh untuk siswa SMK N 1 Pengasih Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif menggunakan desain penelitian dari Kemmis & Mc. Taggart dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Pengasih dengan subjek penelitian 32 siswa kelas X Tata Busana. Objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembuatan macam- macam kampuh menggunakan video pembelajaran adobe flash untuk siswa SMK N 1 Pengasih. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) lembar observasi; 2) penilaian kognitif ;3) penilaian afektif; 4) penilaian psikomotor . Uji validasi menggunakan validitas isi dengan meminta pertimbangan judgment expert yang menyatakan bahwa instrumen layak digunakan.Uji reliabelitas menggunakan antar rater sebesar 0,612 dengan interpretasi tinggi atau dapat digunakan untuk pengambilan data.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan video pembelajaran berbasis adobe flash dilakukan dengan 2 siklus dengan langkah langkah: a) kegiatan pendahuluan terdiri dari:salam dan doa;apersepsi; menjelaskan tujuan pembelajaran;menyampaiakan cakupan materi sesui silabus b) kegiatan inti terdiri dari:Eksplorasi;elaborasi dan konfirmasi. kegiatan penutup terdiri dari: (1) evaluasi; (2) motivasi; (3) salam dan doa. 2) peningkatan motivasi belajar pembuatan macam- macam kampuh pada siklus I mean 36,65 kategori rendah; dan pada siklus II rerata motivasi siswa 100% kategori sangat tinggi.3) peningkatan hasil belajar pembuatan macam- macam kampuh pada pra siklus mengasilkan mean 100% atau 32 siswa belum mencapai KKM; pada siklus I mengasilkan mean 81,3% atau 26 siswa mencapai KKM;pada siklus II menghasilkan rareta 100% atau 32 siswa sudah mencapai KKM, dengan demikian video pembelajaran berbasis Adobe Flash dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pembuatan macam- macam kampuh untuk siswa SMK N 1 Pengasih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash, pembuatan macam-macam kampuh
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61051

Actions (login required)

View Item View Item