UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN REKAYASA KELAS X/IIK TAHUN 2017/2018 MAN TEMANGGUNG

Lasera, Afunia Bundha (2018) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN REKAYASA KELAS X/IIK TAHUN 2017/2018 MAN TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI STAD - AFUNIA BUNDHA L.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan rekayasa dengan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) kelas X/IIK MAN Temanggung. Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian siswa kelas X/IIK semester genap tahun akademik 2017/2018 berjumlah 40 siswa. Keaktifan belajar siswa pra siklus sebesar 38,64%. Nilai ratarata hasil belajar siswa ranah kognitif pra siklus sebesar 66,83 dan persentase ketuntasan sebesar 25%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik pra siklus 70,23 dan persentase ketuntasan 57,5%. Indikator keberhasilan penelitian pada keaktifan belajar sebesar 60%. Sedangkan indikator keberhasilan pada hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik, persentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 75%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan penilaian unjuk kerja. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan rekayasa kelas X/IIK MAN Temanggung. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata keaktifan belajar siswa siklus I sebesar 56,5%, dan meningkat menjadi 62,64% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah kognitif dan ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif siklus I sebesar 69,46 dan persentase ketuntasan sebesar 57,5%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 81,24 dengan persentase ketuntasan sebesar 94,74%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik siklus I sebesar 89,02 dan persentase ketuntasan sebesar 95%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 93,4 dan persentase ketuntasan 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STAD (Student Team Achievement Division), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Prakarya dan Kewirausahaan Rekayasa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61049

Actions (login required)

View Item View Item