PENGARUH PENGETAHUAN K3, MOTIVASI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KERJA DI BENGKEL TEKNIK KENDARAAN RINGAN & TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

Nurdyanto, Achmad (2018) PENGARUH PENGETAHUAN K3, MOTIVASI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KERJA DI BENGKEL TEKNIK KENDARAAN RINGAN & TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
a. Naskah TASPA ACHMAD NURDYANTO 12504241014.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan K3, motivasi belajar terhadap perilaku kerja di bengkel teknik kendaraan ringan dan teknik bisnis dan sepeda motor SMK Muhammadiyah 1 Moyudan secara parsial maupun secara bersama – sama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di bengkel teknik kendaraan ringan dan teknik bisnis dan sepeda motor SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan teknik kendaraan ringan dan teknik bisnis dan sepeda motor SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang berjumlah 202 dan diambil sampel sejumlah 67 siswa. Teknik pengolahan data menggunakan (1) uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), (2) uji regresi sederhana dan (3) regresi berganda dengan tiga predictor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dari pengetahuan K3 terhadap perilaku kerja di bengkel praktik SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dengan nilai kontribusi sebesar 0,492 (49,2%). (2) Terdapat pengaruh yang positif dari motivasi belajar terhadap perilaku kerja di bengkel praktik SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dengan nilai kontribusi sebesar 0,671 (67,1%). Terdapat pengaruh yang positif dari pengetahuan K3, motivasi belajar secara bersama - sama terhadap perilaku kerja di bengkel praktik SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dengan nilai kontribusi sebesar 0,484 (48,4%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan K3, motivasi belajar, perilaku kerja, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61046

Actions (login required)

View Item View Item