Efektivitas Compact Disk (CD) Interaktif Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Locus of Control.

Kusumawardani, Budi (2018) Efektivitas Compact Disk (CD) Interaktif Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Locus of Control. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-budi-kusumawardani-15727251006.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh Locus of control terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Darussalam dan siswa kelas XI IPS MA Assalafiyyah Tahun Ajaran 2017/2018, 2) Mengetahui pengaruh penggunaan CD interaktif dalam pembelajaran geografi terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Darussalam dan siswa kelas XI IPS MA Assalafiyyah Tahun Ajaran 2017/2018, 3) Mengetahui pengaruh Locus of control dan penggunaan CD interaktif secara bersama-sama terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Darussalam dan siswa kelas XI IPS MA Assalafiyyah Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan menggunakan design penelitian The One Group Pre Test Post Test. Teknik analisis yang digunkaan adalah Teknik analisis deskriptif persentase. Tempat penelitian berada di dua sekolah yaitu MA Darussalam dan MA Assalafiyyah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Darussalam dan siswa XI IPS MA Asssalafiyyah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive random sampling yaitu penentuan sampel secara acak dengan pertimbangan tertentu. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS MA Darussalam, sedangkan kelas kontrol dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS MA Assalafiyyah. Penelitian ini memuat 3 variabel yang terdiri dari 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Dalam penelitian ini variabel bebasnya yaitu pembelajaran dengan menggunakan CD (Compact Disk) interaktif dan Locus of Control dan untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Locus of control berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Darussalam dan siswa kelas XI IPS MA Assalafiyyah, 2) CD interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Darussalam dan siswa kelas XI IPS MA Assalafiyyah, hal ini bisa dilihat dari adanya peningkatan nilai post-test lebih tinggi dari nilai pre-test. Pada kelas eksperimen rata-rata nilai post-test yang dicapai sebesar 83%, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 74%, 3) Locus of control dan CD interakktif secara efektif berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Darussalam dan siswa kelas XI IPS MA Assalafiyyah. Pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif dan locus of control dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, tidak bersifat monoton, dan mneyenangkan, sehingga minat siswa terhadap pembelajaran geografi meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas CD pembelajaran interaktif, Pembelajaran Geografi, Locus of Control, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:32
Last Modified: 09 May 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61045

Actions (login required)

View Item View Item