PENGELOLAAN KEIKUTSERTAAN GARUDA UNY TEAM DALAM KOMPETISI SHELL ECO MARATHON ASIA TAHUN 2017 UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA

Saputra, Mifta (2018) PENGELOLAAN KEIKUTSERTAAN GARUDA UNY TEAM DALAM KOMPETISI SHELL ECO MARATHON ASIA TAHUN 2017 UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1_Naskah TAS_Mifta Saputra_14504244009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan keikutsertaan tim Garuda UNY dalam kompetisi Shell Eco Marathon Asia tahun 2017 sehingga mampu meningkatkan prestasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Kompleks Fakultas Teknik UNY. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2016 - Maret 2017. Objek yang diteliti pada penelitian adalah pengelolaan keikutsertaan Garuda UNY Team dalam ajang kompetisi Shell Eco Marathon Asia tahun 2017 untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian yaitu pengelolaan keikutsertaan Garuda UNY Team dalam kompetisi Shell Eco Marathon Asia tahun 2017 meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Perencanaan diawali dengan mempersiapkan sumber daya manusia, menganalisis kegiatan serta waktu yang akan direncanakan, dan membuat alat bantu perencanaan. Pengorganisasian dilakukan dengan mengelompokkan kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk susunan tim dan deskripsi pekerjaan. Penggerakan dilakukan untuk mencapai target yang ditentukan. Pengawasan tiap divisi oleh advisor yang sesuai dengan keahliannya, sedangkan pengawasan oleh team manager melalui pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. Prestasi mahasiswa dalam kompetisi Shell Eco Marathon Asia (SEMA) tahun 2017, sebagai indikator keberhasilan manajemen yaitu mampu mengelola tim selama kompetisi serta terwujudnya dokumen prasyarat yang sesuai dengan regulasi dan tim penilai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Shell Eco Marathon Asia tahun 2017, Prestasi Mahasiswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Nov 2018 03:18
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61029

Actions (login required)

View Item View Item