EVALUASI PROGRAM STUDENT COLLABORATION ANTARA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN KANGAN INSTITUTE PERIODE TAHUN 2017

Aifandi, Sofia (2018) EVALUASI PROGRAM STUDENT COLLABORATION ANTARA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN KANGAN INSTITUTE PERIODE TAHUN 2017. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI SOFIA AIFANDI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) pelaksanaan program student collaboration, dan (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program student collaboration antara Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan Kangan Institute periode tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua panitia, panitia, dan mahasiswa Kangan Institute sebanyak 7 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis dari Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan program student collaboration ditinjau dari evaluasi konteks (context evaluation) pada program student collaboration yang dilakukan oleh FT UNY sudah berlangsung dengan sangat baik. Ditinjau dari segi evaluasi masukan (input evaluation) diketahui jika program ini telah memiliki sumber-sumber dan strategi yang sangat baik untuk mencapai tujuan program itu sendiri baik dari segi fasilitas, transportasi, Batik Kit, dan dosen yang mengajar. Ditinjau dari segi evaluasi proses (process evaluation) pelaksanaan program student collaboration sudah berjalan sesuai dengan agenda yang di susun. Ditinjau dari segi evaluasi produk/ hasil (product evaluation) pada program student collaboration yang dilakukan oleh FT UNY dinyatakan berhasil sesuai dengan indikator yang ditetapkan oleh pengelola program; dan (2) faktor pendukung dari pelaksanaan program ini adalah persiapan yang sangat baik dari Universitas Negeri Yogyakarta dari bidang dosen, mahasiswa, staf, pekerja-pekerja lain yang terlibat dalam program ini, fasilitas, sarana dan prasarana, dan penyediaan konsumsi yang dianggap sebagai bagian wisata kuliner. Sedangkan faktor yang menghambat adalah transportasi, komunikasi tim, dan waktu yang relatif singkat sehingga belum benar-benar menguasai membatik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Noor Fitrihana, ST., M.Eng (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Student Collaboration, FT UNY, Kangan Institute
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61022

Actions (login required)

View Item View Item