PENGARUH TREND BUSANA MUSLIMAH TERHADAP GAYA BUSANA KULIAH MUSLIMAH MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rania, Linda (2018) PENGARUH TREND BUSANA MUSLIMAH TERHADAP GAYA BUSANA KULIAH MUSLIMAH MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LINDA RANIA 13513241063.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Trend busana muslimah yang sedang berkembang di Indonesia; 2) Gaya busana kuliah muslimah mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNY; 3) Pengaruh dari trend busana muslimah terhadap gaya busana kuliah muslimah mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi jurusan manajemen angkatan 2014 sejumlah 455 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 129 orang yang ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perkembangan trend busana muslimah di Indonesia yang dianalisis melalui majalah busana muslimah tahun 2017 meliputi beberapa jenis styling seperti gamis, khimar, blus, tunik, kulot, celana, rok, longvest, cardigan, blazer, jumpsuit dan pashmina. Berdasarkan analisis terhadap majalah busana muslimah tahun 2017 tersebut di atas diperoleh hasil perhitungan untuk kategori styling trend busana muslimah yang paling banyak muncul adalah gamis dengan prosentase 42,6% dan blus dengan prosentase 32,6%; 2) Begitu pula dengan penggunaan gaya busana kuliah muslimah yang dianalisis terhadap mahasiswa Jurusan Manajemen FE UNY meliputi beberapa jenis styling seperti gamis, khimar, blus, tunik, kulot, celana, rok, longvest, cardigan, blazer, jumpsuit dan pashmina. Berdasarkan analisis terhadap mahasiswa Jurusan Manajemen FE UNY diperoleh hasil perhitungan untuk kategori styling gaya busana kuliah muslimah mahasiswa yang paling banyak muncul adalah gamis dengan prosentase 34,9% dan blus dengan prosentase 30,2%; 3) Terdapat pengaruh trend busana muslimah terhadap gaya busana kuliah muslimah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Hal tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis anova regresi linier sederhana b dengan nilai FHitung = 34,032 dan ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0.000. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa trend busana muslimah mempengaruhi gaya busana kuliah muslimah mahasiswa manajemen sebesar 34,032% serta sebesar 65,968 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: trend, gaya busana kuliah, busana muslimah
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2018 00:33
Last Modified: 30 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60996

Actions (login required)

View Item View Item