PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL KELAS X BUSANA SMK ISLAM MOYUDAN

Varera, Linna (2018) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL KELAS X BUSANA SMK ISLAM MOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi_Linna Varera_ 13513241027.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) faktor internal siswa yang paling mempengaruhi prestasi belajar pengetahuan bahan tekstil kelas X busana SMK Islam Moyudan. (2) faktor eksternal siswa yang paling mempengaruhi prestasi belajar pengetahuan bahan tekstil kelas X busana SMK Islam Moyudan. (3) faktor paling yang mempengaruhi diantara faktor internal dan eksternal siswa terhadap prestasi belajar pengetahuan bahan tekstil kelas X busana SMK Islam Moyudan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif jenis korelasi. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X busana SMK Islam Moyudan tahun ajaran 2017 / 2018 berjumlah 30 siswa. Menggunakan sampel probability sampling jenis disproportionate stratfiied random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik pengukuran skala likert dengan 4 alternatif jawaban untuk angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, dan teknik penyajian prosentasi. Hasil penelitian diperoleh: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor internal siswa terhadap prestasi belajar, paling mempengaruhi prestasi belajar pada indikator emosi dan sub indikator mengendalikan emosi saat pelajaran rata-rata sejumlah 2,40. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor eksternal siswa terhadap prestasi belajar, paling mempengaruhi prestasi belajarpada indikator media atau alat belajar dan sub indikator media belajar digunakan guru rata-rata sejumlah 2,13. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor internal siswa terhadap prestasi belajar, faktor internal siswa lebih mempengaruhi prestasi belajar di indikator emosi dan sub indikator mengendalikan emosi saat pelajaran dengan rata-rata sejumlah 2,40 dengan kategori tinggi sebesar 87,6% Implikasi secara teoritis dan untuk sekolah SMK Islam Moyudan diharapkan dapat membantu mengevaluasi dan meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor internal, faktor eksternal, prestasi belajar, tekstil
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60973

Actions (login required)

View Item View Item