KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN (PSPTKR) SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

Setyawan, Eri (2018) KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN (PSPTKR) SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_14504241021_14504241021_ERI S.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala pelaksanaan pembelajaran saintifik dalam mata pelajaran PSPTKR kelas XI SMK Negeri 2 Wonosari yang meliputi aspek mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran PSPTKR kelas XI dan juga 57 peserta didik jurusan TKR kelas XI SMK Negeri 2 Wonosari. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket tertutup, wawancara dan observasi. Uji validitas penelitian berdasarkan validasi isi dan validasi konstruk. Dalam uji realibilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran saintifik dalam mata pelajaran PSPTKR tidak sepenuhnya terlaksana. Hal ini ditandai dalam pelaksanaan aspek mengamati dalam kategori sebagian kecil terlaksana, aspek menanya dengan kategori sebagian kecil terlaksana, aspek mengumpulkan informasi dengan kategori sebagian kecil terlaksana, aspek mengasosiasi dengan kategori sebagian besar terlaksana dan aspek mengkomunikasikan dengan kategori sebagian besar terlaksana. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran saintifik adalah sebesar 70% peserta didik hanya mengamati dengan proses menanya dan mendengarkan, sebesar 54% peserta didik belum berani mengajukan pertanyaannya dari inisiatif mereka, masih kurang lengkapnya penyediaan sumber belajar di perpustakaan dan sarana laptop peserta didik dalam kegiatan mengumpulkan informasi; saat proses mengasosiasi hanya didominasi oleh siswa tertentu atau banyak siswa yang cenderung pasif dan saat proses mengkomunikasikan adalah kurang antusiasnya peserta didik dalam pemberian tanggapan/ pengajuan pertanyaan dari presentasi. Upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran saintifik adalah guru sebaiknya menerapkan variasi model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dan pihak sekolah perlu menambah sarana belajar diperpustakaan sehingga akan memudahkan peserta didik dalam mengakses data informasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran saintifik, kendala, PSPTKR
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60972

Actions (login required)

View Item View Item