HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT KEMEJA ANAK PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Widyaningrum, Ananda Ayu (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT KEMEJA ANAK PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
skripsi HUBUNGANMOTIASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT KEMEJA ANAK PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) motivasi belajar siswa kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah dalam kompetensi dasar menjahit kemeja anak. (2) hasil belajar siswa kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Tempel pada kompetensi dasar menjahit kemeja anak(3) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Tempel pada kompetensi dasar menjahit kemeja anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah selurus siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh dengan menggunakan semua anggota populasi sebanyak 29 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa angket motivasi dan tes. Validitas instrument menggunakan validitasisi dan validitas konstruk. Reliabilitas instrument dilakukan secara internal menggunakan rumus Alpha Crobanch. Sebanyak 40 butir soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0.748. Uji hipotesis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel 97% dalam kategori tinggi. (2) hasil belajar siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel 24% dalam kategori kompeten dan 76% dalam kategori tidak kompeten. (3) tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar menjahit kemeja anak pada siswa kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai sig. 0,821 > 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kemeja Anak
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60970

Actions (login required)

View Item View Item