KETERLAKSANAAN TAHAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SMK N 6 PURWOREJO

Dewanti, Ratih (2018) KETERLAKSANAAN TAHAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SMK N 6 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan tahapan pendekatan saintifik pada pembelajaran teknologi menjahit di SMK N 6 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK N 6 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK N 6 Purworejo sejumlah 64 orang. Teknik penentuan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Validasi instrumen lembar observasi dan lembar wawancara dengan expert judgement. Validasi instrumen angket dengan diujicobakan pada siswa yang memliki karakteristik sama dengan sampel. Jumlah pernyataan yang diujicobakan sebanyak 30 butir. Hasil validasi dihitung dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows 16.0 Version dan memperoleh hasil dari 10 butir pernyataan tidak valid sehingga dinyatakan tidak valid dan dihilangkan karena telah diwakili oleh pernyataan lain. Pernyataan dalam angket penelitian ini yang dinyatakan valid adalah 27 item. Reliabilitas dibuktikan dengan rumus alpha cronbach diperoleh hasil koefisisen korelasi sebesar 0,885 sehingga angket dinyatakan reliabelkategori sangat kuat. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian adalah : (1) Keterlaksanaan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran teknologi menjahit pada materi belahan pada tahapan mengamati hasil yang diperoleh 93,75 %. (2) Keterlaksanaan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran teknologi menjahit pada materi belahan pada tahapan menanya hasil yang diperoleh 100 %. (3) Keterlaksanaan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran teknologi menjahit pada materi belahan pada tahapan mengeksplorasi hasil yang diperoleh 98,44 %. (4) Keterlaksanaan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran teknologi menjahit pada materi belahan pada tahapan mengasosiasi hasil yang diperoleh 98,44 %. (5) Keterlaksanaan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran teknologi menjahit pada materi belahan pada tahapan mengomunikasikan hasil yang diperoleh 98,44 %. (6) Keterlaksanaan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran teknologi menjahit pada materi belahan siswa kelas X Tata Busana SMK N 6 Purworejo hasil yang diperoleh 89,06 %, hal ini ditinjau dari data perolehan hasil angket, observasi dan wawancara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: keterlaksanaan pembelajaran, pendekatan saintifik, teknologi menjahit
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:02
Last Modified: 30 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60967

Actions (login required)

View Item View Item