PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGADAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Yudi, Subiyanto (2012) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGADAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yudi Subiyanto - 10504247024.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan pengaruh lingkungan keluarga yang kondusif dengan lingkungan keluarga yang kurang kondusif terhadap prestasi belajar mata pelajaran chasis otomotif siswa kelas XI jurusan teknik otomotif SMK Piri 1 Yogyakarta semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. (2) Perbedaan pengaruh lingkungan masyarakat kota dengan masyarakat desa terhadap prestasi belajar mata pelajaran chasis otomotif siswa kelas XI jurusan teknik otomotif SMK Piri 1 Yogyakarta semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 105 siswa. Metode pengambilan data menggunakan metode angket dengan skala likert. Validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumennya menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji-t Polled Varians karena jumlah anggota kedua sampelnya tidak sama (n1≠n2) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki lingkungan keluarga kondusif, lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa yang memiliki lingkungan keluarga kurang kondusif, dengan thitung sebesar 11,16 > ttabel 1,98 pada taraf signifikasi α = 5% ; artinya ada pengaruh lingkungan keluarga (X1) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran chasis otomotif (Y). (2) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki lingkungan masyarakat kota, lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa yang memiliki lingkungan masyarakat desa, dengan thitung sebesar 4,28 > ttabel 1,98 pada taraf signifikasi α = 5% ; artinya ada pengaruh lingkungan masyarakat (X2) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran chasis otomotif (Y).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6095

Actions (login required)

View Item View Item