Pengaruh Permainan Luar Ruangan (Outdoor Play) terhadap Kemampuan Berhitung, Pengukuran dan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Anak Kelompok A di KB dan TK Islam Rahmatullah Kabupaten Banyuwangi

Setyowahyudi, Retno (2018) Pengaruh Permainan Luar Ruangan (Outdoor Play) terhadap Kemampuan Berhitung, Pengukuran dan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Anak Kelompok A di KB dan TK Islam Rahmatullah Kabupaten Banyuwangi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rendy-setyowahyudi-16717251031.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penggunaan permainan luar ruangan dan pembelajaran konvensional terhadap (1) kemampuan berhitung anak kelompok A, (2) pengukuran anak kelompok A, (3) mengenal bentuk-bentuk geometri anak kelompok A. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain quasi experimental dan jenis nonequivalent control group. Populasi yang digunakan yaitu seluruh anak kelompok A yang terbagi dalam 5 kelas. Sementara sampel diambil dengan teknik cluster sampling dan diperoleh sampel sebanyak 4 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kartu bergambar. Teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis, untuk uji prasyarat terdapat uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Sementara uji hipotesis menggunakan analysis covariance dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil yang didapat adalah (1) terdapat pengaruh dan perbedaan penggunaan permainan luar ruangan dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berhitung pada anak kelompok A, (2) terdapat pengaruh dan perbedaan penggunaan permainan luar ruangan dan pembelajaran konvensional terhadap pengukuran pada anak kelompok A, (3) terdapat pengaruh dan perbedaan penggunaan permainan luar ruangan dan pembelajaran konvensional terhadap mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak kelompok A.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: permainan luar ruangan, kemampuan berhitung, pengukuran dan mengenal bentuk-bentuk geometri.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:46
Last Modified: 09 May 2019 09:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60948

Actions (login required)

View Item View Item