PENGEMBANGAN E-JOB SHEET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIK ANIMASI DUA DIMENSI KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Megawati, Dyah Ayu (2018) PENGEMBANGAN E-JOB SHEET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIK ANIMASI DUA DIMENSI KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH_14520241023_DYAH AYU.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan sumber belajar praktik siswa berupa elektronik job sheet pada mata pelajaran teknik animasi dua dimensi. (2) mengetahui tingkat kelayakan e-job sheet yang dikembangkan untuk SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dengan model pengembangan Four-D Models oleh Thiagaradjan. Four-D Models terdiri dari empat tahap, yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diketahui bahwa: 1) penelitian pengembangan ini menghasilkan sumber belajar sesuai dengan silabus yaitu e-job sheet teknik animasi tweening pada mata pelajaran teknik animasi dua dimensi yang terdiri dari lima kegiatan praktik. 2) tingkat kelayakan e-job sheet diketahui dari hasil penelitian ahli materi, ahli media, dan hasil respon siswa. Hasil validasi ahli materi meliputi aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan manfaat mencapai hasil rata-rata sebesar 80,91% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media yang meliputi aspek tampilan, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, dan kegrafikan mencapai hasil rata-rata sebesar 87,33% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan respon siswa memperoleh hasil ratarata 84,63% dengan kategori “sangat layak”. Hal ini berarti e-job sheet animasi tweening ini sangat layak digunakan pada mata pelajaran teknik animasi dua dimensi untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian, pengembangan, e-job sheet, animasi dua dimensi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 05:55
Last Modified: 30 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60947

Actions (login required)

View Item View Item