Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja dalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas.

Nasution, Rahma Afdhilla (2018) Pengembangan Instrumen Aspek Afektif Berbasis Kinerja dalam Extrakurikuler Renang di Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahma afdhilla nasution-16711251070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merumuskan konstruk afektif nilai-nilai sosial dalam ekstrakurikuler renang siswa SD; 2) menyusun indikator instrument aspek afektif berbasis kinerja dalam ekstrakurikuler renang siswa SD; 3) mengembangkan model instrument aspek afektif berbasis kinerja dalam ekstrakurikuler renang siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen aspek afektif berbasis kinerja pada siswa SD kelas atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan model pengembangan dari Thiagarajan yang dikenal dengan 4 D yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Tahap pengembangan dan evaluasi berupa uji validasi ahli, uji skala kecil, uji skala besar dan uji efektivitas. Subjek penelitian adalah siswa SD di Kota Yogyakarta yang mengikuti kegiatan extrakurikuler di SD Muhammadiyah Sagan, SD Muhammadiyah Pakel, SD Kanisius dan SD Pangudi Luhur. Pengamatan, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang percontohan uji skala kecil dan uji coba skala besar. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengembangan model instrument aspek afektif terdiri dari beberapa tahap yaitu pendefinisian, studi lapangan dan studi literatur. Tahap perancangan produk dilakukan dengan penyusunan rancangan produk awal yang dilanjutkan dengan merancangan produk instrument penilaian afektif. Selanjutnya dilakukan pengujian produk awal melalui expert judgement. Hasil penelitian ini adalah berupa rubrik, tugas unjuk kerja selama kegiatan ekstrakurikuler satu semester dan buku pedoman penilaian aspek afektif berbasis kinerja dalam ekstrakurikuler renang di sekolah dasar kelas atas. Berdasarkan uji coba instrumen dilakukan melalui uji skala kecil, uji skala besar dan uji efektivitas didapatkan nilai t hitung sebesar 3,236 dan nilai signifikansi sebesar 0,010, artinya. hasil akhir pengembangkan produk instrument penilaian afektif berbasis kinerja dalam esktrakurikuler renang di SD dinyatakan telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas serta efektivias sehingga dinyatakan layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrument aspek afektif, berbasis kinerja, ekstrakurikuler renang
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:14
Last Modified: 10 Jan 2022 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60946

Actions (login required)

View Item View Item