RELEVANSI KOMPETENSI PRODUKTIF PADA KURIKULUM SMK N 1 MAGELANG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DENGAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN DUNIA USAHA/INDUSTRI (DUDI)

Wibawa, Candra Adi (2018) RELEVANSI KOMPETENSI PRODUKTIF PADA KURIKULUM SMK N 1 MAGELANG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DENGAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN DUNIA USAHA/INDUSTRI (DUDI). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_CANDRA ADI WIBAWA_14504244010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kompetensi produktif pada kurikulum SMK N 1 Magelang kompetensi keahlian TKRO, (2) menjaring kompetensi yang dibutuhkan oleh DUDI APM sebagai pasangan kompetensi keahlian TKRO SMK N 1 Magelang, dan (3) menganalisis tingkat relevansi kompetensi produktif pada kurikulum SMK N 1 Magelang kompetensi keahlian TKRO dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh DUDI APM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran produktif pada kompetensi keahlian TKRO SMK N 1 Magelang serta 12 orang responden yang berasal dari 4 DUDI APM. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kompetensi produktif pada kurikulum SMK N 1 Magelang kompetensi keahlian TKRO terdiri dari 124 KD, (2) kompetensi yang dibutuhkan DUDI APM pasangan kompetensi keahlian TKRO SMK N 1 Magelang terdiri dari 135 KD, (3) kompetensi produktif pada kurikulum SMK N 1 Magelang kompetensi keahlian TKRO semuanya dibutuhkan oleh DUDI APM, (4) dari 124 KD yang sudah ada pada kurikulum SMK N 1 Magelang kompetensi keahlian TKRO masih ada 11 point tambahan kompetensi usulan dari DUDI APM yang belum ada pada kurikulum SMK N 1 Magelang kompetensi keahlian TKRO, dan (5) tingkat relevansi kompetensi produktif pada kurikulum SMK N 1 Magelang kompetensi keahlian TKRO dengan kompetensi yang dibutuhkan DUDI APM hasilnya 92 KD (74,19%) dalam kategori sangat relevan, 19 KD (15,33%) dalam kategori relevan dan sisanya 13 KD (10,48%) dalam kategori kurang relevan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: relevansi, kompetensi, TKRO SMK N 1 Magelang, DUDI APM
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 05:52
Last Modified: 30 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60942

Actions (login required)

View Item View Item