PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN SYARAF TIRUAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK SISTEM KENDALI CERDAS DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNY

Mustova, Nuzul Fauzan (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN SYARAF TIRUAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK SISTEM KENDALI CERDAS DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNY. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Nuzul Fauzan Mustova_13502241034.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY hanya menggunakan software Matlab sebagai media pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk membuat, mengetahui unjuk kerja, dan tingkat kelayakan media pembelajaran Jaringan Syaraf Tiruan pada mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas. Pendekatan penelitian Research and Development Sugiyono dengan 9 tahapan prosedur pengembangan meliputi: (1) potensi dan masalah penggunaan JST hanya pada software , (2) pengumpulan data, (3) desain produk dimulai dengan mencari solusi untuk penerapan JST di hardware , (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, dan (9) revisi produk. Objek penelitian adalah media pembelajaran Trainer Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Sedangkan subjek penelitian mahasiswa kelas A angkatan 2015 di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner dan wawancara. Adapun teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) media pembelajaran yang dibuat terdiri dari software , hardware trainer Jaringan Syaraf Tiruan dan buku trainer yang berisi panduan singkat serta jobsheet ; (2) Unjuk kerja media pembelajaran sudah berfungsi dengan stabil baik pada setiap bagian maupun secara keseluruhan. (3) Tingkat kelayakan media dan materi memperoleh nilai 87% dan 97%. Tingkat kelayakan pemakaian berdasarkan uji pemakaian kepada 17 mahasiswa diperoleh nilai 83% termasuk dalam kategori sangat layak. Hal ini berarti media pembelajaran ini sangat layak digunakan pada mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, trainer, jaringan syaraf tiruan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 05:48
Last Modified: 30 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60929

Actions (login required)

View Item View Item