PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL

Asmorojati, Yanur (2018) PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
a. Naskah TAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman, 2) Mengetahui apakah ada pengaruh jobsheet untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman. Metodologi penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 1 agustus 2017 sampai dengan 28 agustus 2017 (1 bulan) yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman. Subjek penelitian adalah seluruh kelas X teknik kendaraan ringan sebanyak 39 siswa. Karena penelitian ini adalah penelitian populasi maka semua anggota populasi digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan independent sample t-test yang telah dilakukan, diperoleh hasil thitung sebesar 10,407 dan ttabel 1,687. Karena thitung>ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar praktik antara siswa yang menggunakan jobsheet dan tidak menggunakan jobsheet. Dari uji statistik dengan independent sample t-test yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan jobsheet (kelompok eksperimen) dibandingkan dengan yang tidak menggunakan jobsheet (kelompok kontrol) di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman pada mata pelajaran Pendidikan Dasar Teknik Otomotif. Dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,5 dan rata-rata kelas kontrol 64,5.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, jobsheet, hasil belajar, praktik dasar teknik otomotif
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60928

Actions (login required)

View Item View Item