PENGARUH IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PENYEMPURNAAN BAHAN TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Oktaviana, Rani (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PENYEMPURNAAN BAHAN TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
RANI OKTAVIANA 13513249001 - SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui hasil pretest pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas kontrol, 2) mengetahui hasil pretest pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas eksperimen sebelum menggunakan metode discovery learning, 3) mengetahui hasil posttest pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas kontrol, 4) mengetahui hasil posttest pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas eksperimen setelah menggunakan metode discovery learning, dan 5) mengetahui adakah pengaruh implementasi metode discovery learning terhadap pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe quasi eksperiment, dan desain eksperimen yang digunakan nonequivalent pretest dan posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, berupa simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta berjumlah 60 siswa dan jumlah sampel populasi 30 responden. Validitas instrumen dibuktikan dengan analisis validitas konstrak dan reliabilitas instrumen menggunakan bantuan aplikasi iteman. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil pretest pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas kontrol adalah rata-rata 72,30, 2) hasil pretest pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas eksperimen sebelum menggunakan metode discovery learning adalah rata-rata 71,60, 3) hasil posttest pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas kontrol adalah rata-rata 74,90, 4) hasil posttest pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas eksperimen setelah menggunakan metode discovery learning adalah rata-rata 82,16, 5) ada pengaruh implementasi metode discovery learning terhadap pemahaman materi penyempurnaan bahan tekstil siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta, yang dibuktikan dari hasil uji independentsamples t-test diperoleh nilai nilai thitung < ttabel (-2,954 < 2,001) dan probability = 0,005 < 0,05 pada tingkat kepercayaan 95% yang berarti H0 ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Discovery Learning, Penyempurnaan Bahan Tekstil, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60920

Actions (login required)

View Item View Item