PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMANFAATAN LIMBAH PERCA DENGAN TEKNIK PATCHWORK PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 SEWON

Mandarwati, Arin Mufidah (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMANFAATAN LIMBAH PERCA DENGAN TEKNIK PATCHWORK PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text
SKRIPSI_ARIN MUFIDAH MANDARWATI 14513241043.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan modul pemanfaatan limbah perca dengan teknik patchwork pada mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK Neger 1 Sewon; 2) mendapatkan modul yang telah dinyatakan layak untuk proses pembelajaran pemanfaatan limbah perca dengan teknik patchwork pada mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research & Development) menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov. Tahapan penelitian ini meliputi; 1) analisis kebutuhan; 2) pengembangan produk; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba kelompok kecil; 5) uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X tata busana SMK Negeri 1 Sewon yang berjumlah 32 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dan pembuktian reliabilitas menggunakan reliabilitas antar rater dengan menggunakan rumus alfa cronbach. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah; 1) modul pembelajaran pemanfaatan limbah perca dengan teknik patchwork pada mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Sewon; 2) modul pembelajaran dengan teknik patchwork dinyatakan layak yang ditunjukkan dengan uji coba kelompok kecil dengan mean 198 dengan kategori sangat layak, dibuktikan dari hasil 6 speserta didik yang menyatakan sangat setuju 4 peserta didik (66,67%) dan setuju 2 peserta didik (33,33%). Uji coba kelompok besar dengan mean 201,3125 dengan kategori sangat layak, dibuktikan dari hasil 32 peserta didik yang menyatakan sangat setuju 25 peserta didik (78,12%) dan setuju 7 peserta didik (21,88%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan modul, pemanfaatan limbah perca
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60913

Actions (login required)

View Item View Item