PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KOMBINASI WARNA PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI TATA BUSANA DI MAN 1 SLEMAN

Hidayah, Sarah Nur (2018) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KOMBINASI WARNA PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI TATA BUSANA DI MAN 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SARAH NUR HIDAYAH_14513241007.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk pop-up book sebagai media pembelajaran kombinasi warna pada Mata Pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana di MAN 1 Sleman, 2) mengetahui kelayakan media pop-up book kombinasi warna pada Mata Pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana di MAN 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan 4 tahap pengembangan, namun peneliti mengambil 3 tahap penelitian yaitu: 1) tahap define atau pendefinisian 2) tahap design atau perancangan 3) tahap develop atau pengembangan yang terdiri dari expert appraisal dilakukan oleh 3 orang ahli materi dan ahli media dan developmental testing, produk diujicobakan kepada 6 siswa untuk uji coba skala kecil dan 32 siswa untuk uji coba skala besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana di MAN 1 Sleman Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) produk media pembelajaran pop-up book kombinasi warna yang dinyatakan layak melalui proses Research and Development, 2) media pembelajaran pop-up book kombinasi warna dari 3 ahli media dan ahli materi mendapatkan presentase sebesar 98% termasuk dalam kategori layak, media ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media belajar. Berdasarkan hasil developmental testing kepada 6 siswa mendapatkan presentase sebesar 86% termasuk dalam kategori sangat layak. Selanjutnya dari hasil validation testing yang diujicoba pada 32 siswa mendapatkan presentase 72% termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari siswa dapat disimpulkan bahwa media pop-up book kombinasi warna pada mata pelajaran Keterampilan Hidup Mandiri Tata Busana di MAN 1 Sleman sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pop-up book, kombinasi warna, tata busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60912

Actions (login required)

View Item View Item